Kantung empedu terletak di bawah hati dan fungsi utamanya di dalam tubuh adalah untuk menyimpan empedu yang dihasilkan oleh hati. Empedu membantu tubuh memecahkan lemak dan kantung empedu bertindak sebagai tempat penyimpanan empedu. Penyakit kantung empedu adalah kondisi yang membuat kantung empedu meradang/membengkak yang berakibat gangguan berupa infeksi dan batu di dalam kandung kemih.

Kantung Empedu

Ada berbagai macam jenis penyakit kantung empedu yang termasuk antara lain; batu empedu, kolesistitis, gangren, kronis acalculous, sclerosing cholangitis, pertumbuhan jaringan, cacat bawaan dan tumor.

Penyakit kantung empedu disebabkan oleh banyak faktor, sebagian adalah karena faktor keturunan. Orang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit tersebut sama artinya memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami hal yang sama. Seiring pertambahan usia, mereka lebih gampang terkena kondisi ini karena biasanya penyakit ini mudah menyerang orang yang berusia enam puluh tahun ke atas. Kondisi ini juga dipengaruhi jenis kelamin dan sebagian besar perempuan yang gemuk, subur, dan memiliki kulit kuning langsat berada pada risiko tertinggi untuk terkena. Makanan yang dikonsumsi orang juga berpengaruh terhadap kemungkinan orang terkena penyakit ini. Makanan berlemak dan manis dihubungkan dengan penyakit ini. Demikian juga obesitas adalah factor lain yang juga dapat menyebabkan penyakit ini.

Gejala yang berhubungan dengan penyakit kantung empedu termasuk rasa mual yang mungkin disertai dengan muntah. Rasa sakit juga dapat dirasakan di bagian atas perut dan dapat terjadi beberapa menit atau bahkan beberapa jam lamanya. Orang juga bisa merasakan sebagai rasa sakit pada punggung yang menjalar ke pundak kanan. Perut kembung yang juga disertai dengan sendawa juga bisa merupakan gejala dari kondisi ini. Orang-orang yang menderita gas perut biasanya tidak akan bisa makan makanan berlemak. Gangguan pencernaan juga akan terganggu dan orang bisa terserang sakit maag. Demam dan menggigil juga merupakan gejala dari kondisi ini, karena itu sangat penting untuk mencari bantuan medis saat hal itu terjadi.

Fungsi Kandung Empedu:

Penyakit kandumg empedu umumnya terdiri atas:

Kolesistitis

Kolesistitis


Kolelitiasis

Kolelitiasis