Macam-macam penyakit lambung yang diketahui oleh sebagian besar orang adalah maag.
Karena sebagian dari kita pernah mengalami bahkan sering mengidap penyakit maag. Padahal maag bukan satu-satunya jenis penyakit lambung, masih ada berbagai jenis penyakit lambung serta gejala dan penyebabnya yang harus diketahui.

Lambung

Macam-Macam Penyakit Lambung Serta Gejala Dan Penyebabnya


1. Maag

Maag

Salah satu jenis penyakit lambung yang paling sering dialami oleh sebagian dari kita adalah maag. Berbagai hal yang menjadi penyebab maag yaitu makan tidak teratur, konsumsi kafein secara berlebihan, pola makan yang kurang baik seperti sering bahkan berlebihan mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam.

Gejala penyakit maag diantaranya nyeri ulu hati, perut terasa penuh, perut terasa panas, sering bersendawa, mual dan muntah.


2. Gastroparesis

Gastroparesis

Tidak hanya penyakit maag yang termasuk dalam jenis penyakit lambung, gastroparesis juga termasuk dalam jenis penyakit lambung. Gejala gastroparesis yaitu muntah-muntah, terasa sakit pada perut bagian atas, perut terasa kembung dan perut terasa kenyang padahal belum makan.


3. Gastroenteritis

Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah jenis penyakit lambung yang dapat mengganggu aktivitas, sebab penyakit ini menimbulkan gejala sering buang air besar bahkan mencret disertai dengan muntah-muntah sehingga tubuh menjadi lemas, kram perut, perut terasa penuh dan sakit perut.

Penyebab gastroenteritis yaitu mengkonsumsi makanan yang tidak steril dimana makanan tersebut dicuci tidak steril, mengonsumsi makanan yang dimasak setengah matang dan mengonsumsi makanan yang sudah basi dan sudah terkonstaminasi dengan kotoran hewan maupun debu.


4. GERD

GERD

GERD atau gastro esophageal reflux disease ialah jenis penyakit lambung yang dipicu karena adanya gangguan pencernaan kronis. Gejala GERD diantaranya nyeri ulu hati, terasa sakit pada perut bagian atas, dan terasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkongan.


5. Gastritis

Gastritis

Gastritis adalah kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Penyebab gastritis yaitu mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, penyalahgunaan narkoba dan minum minuman alkohol.

Sedangkan gejala gastritis yaitu terasa sakit pada perut bagian atas, nyeri ulu hati, perut terasa kembung, mual dan muntah.


6. Tukak lambung

Tukak lambung

Tukak lambung ialah kondisi dimana dinding lambung mengalami luka. Penyebab tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobater pylori dan penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid.

Gejala Tukak Lambung






7. Kanker lambung

Kanker lambung

Kanker lambung adalah jenis penyakit lambung yang termasuk kategori berat. Gejalanya yaitu perut terasa mual, panas dan nyeri, perut terasa penuh, tidak nyaman pada perut dan menurunnya nafsu makan.


8. Polip lambung

Polip lambung

Salah satu penyakit yang menyerang lambung adalah polip lambung. Penyakit lambung yang satu ini tidak terlalu berbahaya hanya saja bila tidak segera diatasi maka dapat mengganggu kesehatan. Gejala polip lambung yaitu nyeri ulu hati, terasa nyeri pada perut bagian atas dan mual juga muntah.

Penyebab polip lambung adalah sering atau bahkan berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung zat pengawet, kebiasaan merokok, dan kebiasaan minum alkohol. Oleh karena itu, kurangi dan hindari kebiasaan merokok juga hindari pula kebiasaan minum alkohol supaya tidak terkena penyakit polip lambung.


9. Dispepsia

Dispepsia

Dispepsia juga merupakan jenis penyakit lambung. Gejala dispepsia yaitu perut terasa perih, perut terasa sakit, sering bersendawa, mual dan muntah dan sering buang gas.

Itulah macam-macam penyakit lambung serta gejala dan penyebabnya. Setelah mengetahui informasi tentang jenis-jenis penyakit lambung, diharapkan anda bisa menjaga kesehatan lambung supaya terhindar dari berbagai macam penyakit lambung.