Penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tidak melihat dari usia, jenis kelamin, bahkan ras. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk faktor-faktor tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Selain itu penyakit jantung juga menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di seluruh dunia. Oleh karena itu ada baiknya bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis penyakit jantung yang sering muncul, agar bisa lebih waspada. Berikut ini penjelasan mengenai 10 macam penyakit jantung yang biasa terjadi:
jantung

1. Penyakit Jantung Koroner


jantung koroner
Penyakit jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah pada pembuluh darah utama jantung karena adanya penumpukan lemak dan atau kolesterol pada dinding pembuluh darah. Plak yang terjadi karena penumpukan lemak tersebut, biasa disebut dengan istilah aterosklerosis, akan menghambat jalan darah, menyebabkan peradangan dan penyempitan pada pembuluh darah yang membuat aliran darah sulit untuk masuk ke jantung. Akibatnya jantung kekurangan pasukan darah kaya oksigen.
Gejala penyakit jantung koroner:
Penyebab jantung koroner yang harus dihindari:

2. Penyakit Gagal Jantung


penyakit gagal jantung
Penyakit gagal jantung disebabkan oleh kondisi jantung yang tidak dapat memompa darah dengan benar dan fungsi jantung menjadi terganggu. Karena kondisi gagal nya jantung ini mengakibatkan darah tidak dapat beredar ke seluruh tubuh. Organ-organ penting lainnya yang membutuhkan pasokan darah dan oksigen pun menjadi terhambat fungsi kerjanya. Ada empat jenis gagal jantung, yaitu:
Penyebab terjadinya penyakit gagal jantung:
Gejala dari penyakit gagal jantung:

3. Penyakit Jantung Rematik


penyakit jantung rematik
Penyakit jantung rematik adalah suatu penyakit yang menyerang katup jantung. Penyakit jantung rematik sendiri adalah penyakit yang bersumber dari infeksi demam rematik yang menyerang tenggorokan. Infeksi demam rematik disebabkan oleh streptokokus tipe A atau bakteri streptococcus pyogenes. Saat bakteri yang bersarang pada tenggorokan itu menyerang, beberapa bakteri akan turun dan menyerang jantung. Pada jantung, khususnya katup jantung, akan terjadi pembengkakan dan muncullah jaringan parut pada pintu katup atau yang disebut dengan valve.
Gejala penyakit jantung rematik:
Penyebab terjadinya penyakit jantung rematik:

4. Penyakit Jantung Bocor


penyakit jantung bocor
Penyakit jantung bocor adalah suatu penyakit dimana jantung tidak berkembang secara normal sehingga terdapat gangguan yang menghambat kerja jantung. Penyakit jantung bocor biasanya terjadi setelah bayi baru dilahirkan. Selama masa perkembangannya saat kehamilan, pertumbuhan jantung tidak sempurna, sehingga membuat cacat jantung. Jantung manusia terdiri dari empat ruang, tiap ruang dipisahkan oleh sekat-sekat. Pada penyakit jantung bocor, terdapat lubang pada sekat-sekat tersebut yang membuat darah dari ruang satu bercampur dengan darah di ruang lainnya. Darah yang kaya oksigen dapat bercampur dengan darah yang miskin oksigen, membuat jantung tidak dapat berfungsi secara benar untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh.
Faktor yang menyebabkan timbulnya kelainan ini adalah:
Gejala yang ditimbulkan antara lain:

5. Penyakit Katup Jantung


Penyakit Katup Jantung
Penyakit katup jantung adalah suatu penyakit dimana katup jantung mengalami ketidaknormalan. Katup pada jantung manusia terdapat empat buah, katup- katup tersebut berfungsi sebagai pintu untuk memisahkan antara ruang- ruang pada jantung. Katup pada jantung berfungsi agar darah tidak bercampur dan juga tidak ada darah yang kembali lagi. Tetapi saat katup tersebut mengalami ketidaknormalan, seperti bentuknya yang tidak sempurna, ada yang terlalu kecil atau ada pula yang terlalu mengembang, menjadikan katup jantung tidak dapat menutup dan membuka secara benar. Akibatnya darah dapat bercampur dan kembali lagi, hal ini lah yang dinamakan penyakit katup jantung. Ada dua jenis penyakit katup jantung, yaitu:
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit katup jantung:
Kebanyakan penyakit katup jantung disebabkan karena komplikasi dari penyakit lain, seperti:

6. Penyakit Otot Jantung


Penyakit Otot Jantung
Penyakit otot jantung atau yang biasa disebut juga dengan penyakit kardiomiopati adalah salah satu penyakit jantung yang menyerang otot jantung, membuat jantung menjadi sulit untuk berkontraksi. Pada penyakit kardiomiopati ini, otot jantung mengalami penebalan dan menjadi kaku. Penyakit kardiomiopati ini lah yang membuat denyut jantung melemah. Ada empat jenis penyakit kardiomiopati, yaitu:
Penyebab terjadinya penyakit kardiomiopati:
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit otot jantung:

7. Penyakit Aritmia Jantung


aritmia jantung
Aritmia jantung adalah sebuah penyakit yang berhubungan dengan irama jantung. Penyakit aritmia menyerang impuls listrik pada jantung yang bertugas untuk membuat jantung berdetak dan mengontrol denyut jantung. Gangguan pada impuls ini akan membuat denyut jantung seseorang menjadi tidak beraturan. Aritmia sendiri sebenarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu sebuah gangguan irama jantung dimana jantung berdetak lebih cepat dari normal yang biasa disebut dengan takikardia dan gangguan irama jantung yang membuat jantung berdetak lebih lambat yang biasa disebut dengan bradikardia.
Aritmia dapat terjadi tanpa adanya gejala apapun. Beberapa gejala yang dapat muncul karena penyakit aritmia jantung, seperti:
Penyebab dari penyakit aritmia jantung:

8. Penyakit Jantung Bawaan


Penyakit Jantung Bawaan
Penyakit jantung bawaan terjadi karena adanya ketidaksempurnaan bentuk jantung yang terjadi saat proses pembentukan struktur jantung saat masih janin. Ketidak sempurnaan itu dapat terlihat dari struktur ruang jantung, katup jantung, dinding penyekat (yang memisahkan ruangan dalam jantung), atau arteri jantung. Penyakit jantung bawaan biasanya diderita oleh anak-anak yang baru lahir.
Gejala penyakit jantung bawaan:
Meski belum ada penelitian yang berhasil membuktikan secara jelas apa yang menjadi penyebab tidak sempurnanya struktur jantung, berikut adalah beberapa faktor yang dapat diwaspasdai:

9. Penyakit Angina Pectoris


Angina Pectoris
Penyakit angina pectoris sering disebut juga dengan penyakit angin duduk. Penyakit ini dapat muncul secara tiba- tiba. Biasanya ditandai dengan nyeri pada dada. Penyakit angina atau angin duduk merupakan sebuah penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya pengerasan atau penyempitan pada pembuluh darah, menyebabkan otot-otot pada jantung melemah dan menyebabkannya tidak dapat memompa darah dengan maksimal.
Penyebab penyakit angina:
Gejala penyakit angina:

10. Penyakit Jantung Bengkak


jantung normal dan bengkak
Penyakit jantung bengkak atau kardiomegali adalah kondisi menebalnya otot jantung sehingga ukuran jantung melebihi angka normal. Penyakit jantung bengkak terbagi menjadi dua jenis dilihat dari bentuk pembengkakannya, yaitu:
Penyebab jantung bengkak:
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit jantung bengkak